Bisnis Online, Langkah Sederhana Untuk Memulainya

Di pasca pandemi ini, bisnis online mulai melonjak dengan banyaknya permintaan dan pembelian.

Karena mengharuskan tidak bertatap muka, ini bisa menjadi kesempatan bagi yang ingin membuka bisnis online untuk mencari peluang baru. Banyak produk yang ditawarkan sehingga pembeli lebih mudah untuk memilih produk yang diinginkan.

Meski bisnis online ini memiliki peluang yang besar, dan keuntungan yang melimpah. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memulainya. Perencanaan yang matang dan persiapan produk terutama, agar lebih mudah mengatur ketersediaan barang dan mengatur pengiriman.

Untuk memulai bisnis online yang baik, ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan tentunya. Mulai dari produk apa yang akan dijual, kemudian terget pasar, pengepakan serta pengiriman. Berikut ini bisa anda jadikan referensi untuk memulai bisnis online anda, agar anda punya rencana yang matang.

Gambar atau Foto Produk

Mulailah dengan membuat gambar atau foto yang menarik, unik, dan berkualitas tinggi, agar calon pembeli lebih yakin kalau anda memang niat untuk membuka bisnis. Pastikan gambar yang anda posting adalah gambar hasil foto sendiri, lebih baik. Kenapa? Karena akan terkesan natural dan anda akan dipandang sudah pernah menjual bahkan mereview produk tersbut.

Untuk pengambilan gambar, pastikan anda mengambilnya dalam berbagai sudut. Jangan hanya foto bagian depan saja, foto samping, atas, belakang, secara menyeluruh akan menghasilkan kesan niat menjalankan bisnis.

Perkembangan Teknologi Terkini

Tidak bisa dipungkiri, semakin lama semakin cepat perkembangan teknologi ini berubah. Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan pembaruan teknologi dan pembaharuan sistem yang anda gunakan. Setidaknya anda paham jika terjadi sesuatu dengan sistem bisnis anda nantinya, karena perkembangan teknologi inilah yang nantinya akan menunjang kinerja sistem bisnis anda.

Anda bisa mendapatkan referensi tentang perkembangan teknologi melalui berita-berita lokal maupun internasional. Jangan sampai gagal dalam mengembangkan bisnis online anda, hanya karena anda tidak update tentang dunia teknologi.

Memaksimalkan User Experience atau Tampilan Katalog Bisnis Online

Bisnis online yang baik jika anda memiliki website tersendiri, namun biasanya banyak yang awal terjun ke dunia bisnis online dimulai dari platform ecommerce semacam tokopedia atau shopee dan sejenisnya.

Namun jika anda sudah mantap untuk menjual secara mandiri, dalam arti anda sudah memiliki produk yang baik, kontinyu, dan ketersediaan produk yang lancar. Anda boleh membuat website sendiri sebagai branding sekaligus alat pemasaran (marketing tool).

Buatlah website atau toko online anda semenarik mungkin, agar pengunjung bisa berlama-lama singgah di toko online anda. Desain yang membuat pengunjung betah berlama-lama di toko online anda, dengan kemungkinan pengunjung juga akan membeli produk anda yang lain. Karena dari segi efektifitas, akan lebih mudah dalam hal pengiriman.

Buatlah Konten Yang Menarik

Anda bisa membuat konten untuk mempromosikan produk-produk anda, buat di media sosial seperti instagram live, youtube, blog, podcast dsb. Atau anda bisa live di facebook, untuk mempromosikan produk-produk baru maupun yang sedang diskon serta mengatur harga agar tidak kalah dengan kompetitor.

Review di blog atau dengan membuat video review dan mengupload nya ke facebook video atau youtube, itu berpotensi mendatangkan trafik yang tinggi. Buatlah review yang menarik dan sedetil mungkin agar pengunjung bisa mengetahui detil produk anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *