Jangan Takut Jika Produk Kamu Dibilang Mahal

Jika Anda seorang sales atau marketing, pasti pernah merasakan statement pembeli mengenai harga produk yang Anda tawarkan. Ada yang bilang harga masih mahal, padahal banyak produk lain yang sejenis namun harganya lebih murah.

Perlu diingat, jangan sampai terbawa emosi ketika Anda memutuskan harga terbaik buat calon pembeli. Jangan terpancing mengikuti kata-kata mereka untuk menurunkan harga produk kamu. Jika hal ini sampai terjadi, kemungkinan customer Anda akan membuat ulasan ke beberapa teman mereka jika produk Anda mudah untuk di tawar atau dinego.

Banyak customer yang hanya bisa membandingkan harga, namun tidak semuanya mengerti akan esensi dari produk itu. Ada customer yang cerdas, dan ada customer yang hanya membandingkan saja tapi tidak terjadi transaksi. Cara memulai bisnis ikan cupang.

Tips berikut semoga bisa membuat Anda lancar dalam bernegosiasi dan mau berdiskusi tentang kualitas produk Anda.

Posisikan Anda bukan sebagai pedagang

Jangan memposisikan Anda sebagai seorang pedagang vs ibu-ibu yang sedang melakukan tawar menawar seperti di pasar, dimana mereka (para ibu-ibu) akan melakukan ancaman jika harga tidak diturunkan. Hal ini sering dialami oleh seorang sales atau marketing yang memang baru dalam dunia penjualan, wajar karena mereka belum tentu langsung menguasai produk dan ciri pembeli. Alangkah bijaknya jika seorang penjual harus mengerti dasar dari produk yang akan ditawarkan, syukur-syukur bisa menguasai dengan cepat.

Anda adalah penjual profesional

Anda seorang penjual yang profesional yang sangat paham akan produk dan market, dimana Anda bisa menjual produk yang sesuai dengan pasar. Disini Anda sudah bisa menentukan pembeli, siapa saja target market yang akan Anda tuju. Jangan sampai penguasaan pasar dan produk Anda dikalahkan oleh customer Anda sendiri, Anda harus memiliki argumen yang kuat kenapa produk Anda layak untuk dibeli.

Jelaskan kelebihan dari produk yang Anda tawarkan

Anda bisa membuka penjelasan tentang kenapa produk Anda layak untuk dibeli dan kelebihannya dibandingkan dengan produk lainnya, meski ada produk yang serupa dipasaran, Anda adalah orang yang paling paham dengan produk Anda sendiri. Jadikan ulasan tersebut untuk perbandingan bahwa produk Anda berkualitas dan layak untuk dibeli.

Jangan terburu-buru memberikan harga

Jangan tergesa-gesa memberikan penawaran harga, apalagi dalam keadaan emosi tidak stabil. Hal ini akan menyebabkan harga Anda akan rendah dan terkesan murahan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, Anda harus memainkna emosi customer Anda sampai mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Edukasi pelan-pelan agar mereka paham betul dengan produk Anda, mulai dari kegunaan hingga solusi yang bisa diatasi dengan produk Anda. Jika customer Anda sudah paham tentang produk Anda, maka Anda bisa memberika penawaran harga ke mereka. Jangan lupa juga ciptakan interaksi dengan customer, banyak mendengar dari calon pembeli karena Anda akan menemukan permasalahan yang sedang dialami oleh customer Anda.

Bersikap tegas jika mereka bukan target customer

Anda harus mengambil sikap tegas ketika ada customer bernegosiasi yang sudah keterlaluan. Dampaknya jika Anda kalah dengan customer Anda adalah, mereka akan memberikan testimoni ke beberapa orang jika harga yang ditawarkan mudah untuk dinegosiasikan kembali. Sehingga terskesan murah, padahal kualitas produk sangat bagus, ini yang disebut merusak harga pasar. Jika mereka melakukan negosiasi, tegaskan kembali bahwa customer Anda adalah bukan target pasar Anda.

Kesimpulannya adalah, tetap komitment dengan sistem penjualan dan kualitas produk Anda. Jika mereka tidak jadi membeli, itu berarti mereka bukan target customer Anda. Ingat, customer Anda adalah customer yang loyal dan berkualitas, tidak mungkin mereka membeli produk yang murahan. Anda bisa lepas customer yang berusaha menjatuhkan harga dan kualitas produk Anda, masih banyak customer yang memiliki loyalitas dan kualitas dalam membeli dan menghargai produk yang berkualitas juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *