Menu Close

Cara Daftar Di Alibaba Group

Daftar member di Alibaba

Sejarah singkat tentang Alibaba Group

Alibaba group, atau awal dikenal sebagai Alibaba Group Holding Limited. Didirikan pada 4 April 1999 oleh Jack Ma (Peng Mei), berkantor pusat di Hangzhou, Zhejiang, Republik Rakyat Tiongkok. Awal mula perusahaan ini bergerak dibidang internet, serta mengembangkan E-commerce, hosting lelang daring, transfer uang daring, perdagangan seluler.

Karena menurut Jack Ma, peluang ini akan menjadi trend dimasa mendatang. perusahaan ini menyediakan layanan penjualan konsumen-ke-konsumen, bisnis-ke-konsumen, dan bisnis-ke-bisnis melalui portal web, serta layanan pembayaran elektronik, mesin pencari belanja dan layanan cloud computing.

Perusahaan Alibaba beroperasi di lebih dari 200 negara dan wilayah diseluruh dunia, Alibaba menjadi pengecer terbesar di dunia, salah satu perusahaan terbesar dalam bidang Internet dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelegent (AI). Selain Alibaba yang berfokus pada B2B (Business to Business), juga menyediakan B2C (Business to Customer) dengan nama Taobao, Tmall.

Banyak orang mencari barang murah dan bisa dijual kembali, tidak sedikit pula ada perusahaan atau pengusaha yang menjual produk nya di Alibaba. Agar bisa dikenal dan dijual secara global, namun untuk menjadi member di Alibaba tidaklah murah. Ada biaya yang harus dikeluarkan agar menjadi seller yang dipercaya dan memiliki kualitas pelayanan yang baik.

Berikut beberapa langkah sederhana untuk menjadi member atau buyer di Alibaba.com.

Langkah pertama pasti masuk ke URL alibaba.com, kemudian anda akan dihadapkan dengan tampilan awal dari situs alibaba.

Halaman Depan Alibaba
Gambar 1. Tampilan Halaman Alibaba.com

Kemudian anda akan melihat di menu “My Alibaba” di sebelah kanan atas, klik menu tersebut dan kemudian anda akan diarahkan ke halaman registrasi.

Gambar 2. Tampilan Halaman Sign In dan Join Free

Setelah itu klik lagi di tulisan “Join Free” tepat dibawah tombol “Sign In”, dan anda akan dibawa ke halaman pengisian data.

Isi semua data-data yang dibutuhkan, setelah semuanya diisi dengan benar, jangan lupa geser kekanan slide konfirmasinya. Setelah itu periksa email yang sudah anda daftarkan tadi, konfirmasi link yang ada diemail tersebut. Kemudia anda akan diarahkan ke halaman alibaba kembali dengan status email terverifikasi.

Sudah sampai disini anda sudah bisa melakukan pencarian barang, hingga pembelian. Anda juga bisa berkomunikasi dengan marketing yang ada disana di tiap-tiap penjual (seller), anda bisa melakukan negosiasi harga dan pengiriman.

Jika anda kesulitan mencari barang yang anda inginkan, anda bisa menggunakan fitur RFQ (Request for Quotation) seperti tampilan berikut.

Gambar 4. Formulir Permintaan Penawaran

Anda bisa mendeskripsikan barang yang anda cari, dengan menggunakan form tersebut. Jika sudah, anda klik tombol “Request for Quotation”. Dan anda akan diarahkan ke halaman yang lebih spesifik, disitu anda bisa menulis dan memeriksa kembali RFQ anda. Jelaskan secara lengkap barang yang anda cari, sistem pembayran dan pengirimannya. Pastikan anggaran anda cukup untuk membeli barang yang anda inginkan.

Setelah selesai, anda bisa klik “Submit RFQ” kemudian tunggu hingga beberapa hari. Akan ada beberapa marketing yang akan menghubungi anda via email maupun pesan yang ada di halaman profile “My Alibaba”.

Gambar 5. Halaman Profil Akun “My Alibaba”

Itu tadi beberapa tahapan menjadi buyer atau pembeli di Alibaba, marketplace tersebut cocok bagi anda yang ingin memulai bisnis import barang dengan harga murah. Yang kemudian anda bisa jual kembali disini, namun jangan terlalu mahal juga untuk menjualnya kembali. Riset kembali harga pasaran yang ada, agar tidak kalah bersaing.

Untuk tutorial berikutnya akan saya jelaskan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pembelian dan pengiriman, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *