Cara Memilih Layanan Web Hosting

Ketika akan membuat website, anda harus paham tentang web hosting yang akan anda gunakan. Ada yang namanya domain dan hosting, karena dua hal itu yang akan membuat website anda menjadi hidup dan bisa diakses dari seluruh dunia.

Sebelum membahas beberapa layanan penting web hosting, mari kita bahas tentang domain dan hosting. Bagi sebagian orang, ada yang belum mengerti apa itu domain dan hosting.

Domain adalah sebuah alamat, biasanya dibuat untuk identitas sebuah website. Contoh, www.website.com nah, domain itu merujuk ke ekstensi website “.com”. Ada banyak domain yang disediakan di web hosting, ada yang “.co.id”, “.cc”, “.co”, “.net” dan masih banyak lagi, silahkan check di web hosting pilihan anda. Anda bisa menamai dengan kata yang unik atau yang menggambarkan identitas website yang akan dikelola, anda bisa menggunakan “www” atau tidak itu sah saja.

Hosting adalah ibarat sebuah tempat, atau storage yang menyimpan file, media foto dan video, atau file website pendukung. Fungsinya adalah agar file yang di jalankan pada sebuah website bisa dikenali dan bisa diarahkan ke hosting untuk bisa diakses. Nah, hosting ini seperti hardisk yang memiliki kapasitas. Mulai dari 750MB hingga 10GB, untuk paket hosting bisa dilihat disini.

Dalam hal memilih layanan web hosting, anda harus bisa menentukan tujuan membuat website anda terlebih dahulu. Apakah anda ingin membuat untuk blog pribadi, atau web bisnis. Nah berikut ini bisa anda jadikan referensi untuk memilih web hosting, agar anda mendapatkan bantuan atau support yang maksimal dan tidak terkendala.

Domain Memiliki SSL

SSL (Socket Secure Layer), layanan web hosting wajib memiliki layanan SSL untuk keamanan ciber. SSL adalah protokol keamanan yang dapat meningkatkan keamanan website, jika website anda tidak ingin terkena deface, hacking, dll. Anda harus memilih layanan SSL ini, terlebih lagi jika anda memiliki toko online yang mengharuskan transaksi secara online dan cepat.

Server Hosting

Hosting ini memiliki kapasitas yang bermacam-macam, dan memiliki fitur yang beragam pula. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang akan anda gunakan, ada fitur hosting yang hanya digunakan untuk website dan blog pribadi. Namun ada juga yang digunakan untuk layanan bisnis, pilihlah layanan hosting yang memiliki server di lebih dari 2 negara. Karena hal ini mempengaruhi trafik yang akan mengunjungi website anda.

Sederhananya, jika anda menginginkan trafik dari negara Singapura, maka anda bisa memilih server yang ada di Singapura. Agar trafik pengunjung website lebih ramah terhadap kunjungan website anda. Di layanan web hosting ini, anda bebas memilih 5 lokasi server di berbagai datacenter yang tersebar di Indonesia, Singapura, Amerika, Inggris, dan Jepang.

Technical Support 24/7

Jika anda mengalami kesulitan dalam hal teknis, anda bisa menghubungi technical support yang tersedia di 24 jam dalam 7 hari. Kita tidak akan pernah tahu kerusakan teknis apa yang akan terjadi pada website kita, oleh karena itu pilihlah layanan web hosting yang menyediakan pelayanan teknis yang available 24 jam dalam 7 hari.

Layanan Spam Filter

Website anda tidak akan terlepas dari yang namanya spam, entah itu spam komentar, hingga spam traffik. Jadi, website anda akan dihujani trafik yang tidak wajar hingga bandwidth yang ada melebihi batas hingga menyebabkan website anda down.

Nah, di layanan web hosting pilihlah laynan spam filter yang terbaik untuk melindungi privasy anda. Segala bentuk spam email akan di antisipasi dengan MailChannels Spam Filter guna memastikan email anda sampai ke tujuan.

Anti-virus dan Anti-malware

Ini penting, website anda harus benar-benar aman dari ancaman apapun. Virus dan malware bisa saja menyusupi server anda, sehingga website anda akan dikendalikan jarak jauh oleh orang lain dari tempat lain.

Pilihlah layanan web hosting yang menyediakan fitur Anti-virus dan Anti-malware, yang bisa melindungi file-file penting di server. Terkadang virus dan malware ini ada juga yang tidak terdeteksi, saking rawannya layanan web hosting anda harus ada Anti-virus dan Anti-malware.

Mendukung IPv6

Jaringan yang mendukung kecepatan komunikasi yang lebih cepat, sehingga website anda akan lebih cepat diakses. Hal ini juga mempengaruhi kinerja website dan kualitasnya, karena jika banyak pengunjung yang mengunjungi website anda, tidak akan terjadi over bandwidth saat diakses.

IPv6 (Internet Protocol version 6) adalah versi terbaru dari Protokol Internet (IP), protokol komunikasi yang menyediakan sistem identifikasi dan lokasi untuk komputer di jaringan dan merutekan lalu lintas di Internet. IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) untuk menangani masalah kelelahan alamat IPv4 yang telah lama diantisipasi. (Wikipedia).

SSD Super Cepat

adalah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus, biasanya menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer. (Wikipedia).

Website anda akan dijalankan pada sebuah hardisk, SSD (Solid State Drive) yang mendukung kecepatan akses file-file di website anda. Pilihlah fitur 100% Enterprise SSD pada layanan web hosting anda.

Itulah beberapa uraian yang membahas tentang pemilihan layanan di web hosting, anda harus cermat dalam memilih layanan. Agar performa website anda menjadi baik dan tidak lambat ketika diakses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *